Polres Sleman Amankan Penertiban Alat Peraga Kampanye Pilkada 2020

TRIBRATANEWS SLEMAN – Guna menghindari pelanggaran terkait Pilkada serentak 2020 di Wilayah Kabupaten Sleman, Sat Pol PP Kabupaten Sleman bekerja sama dengan Polres Sleman dan TNI melaksanakan Penertiban APK (Alat Peraga Kampanye), Rabu (18/11/2020)


Sebelum pelaksananaan kegiatan dilaksanakan pengarahan tentang cara bekerja kepada anggota yang terlibat kegiatan agar dapat tepat sasaran dan tidak menimbulkan konflik. Untuk lokasi dan APK yang akan ditertibkan mengacu pada rekomendasi dari Panwascam masing-masing Kecamatan, untuk eksekutor dari team terpadu Kabupaten Sleman dibawah kendali Sat Pol PP Kabupaten.


Alat peraga kampanye yang diturunkan Bawaslu Sleman berupa baliho APK yang tidak sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 23 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilu dan Perbub Nomor 27 th 2018 tentang Pemasangan APK.


Ditempat terpisah Kassubag Humas Polres Sleman Iptu Edy Widaryanta mengatakan “Atribut yang ditertibkan tidak sesuai dengan ketentuan yang ada dan letaknya berada di bahu jalan, pohon, dan tiang listrik,” terangnya


"Penertiban alat peraga kampanye dilakukan selama 7 hari," sambungnya


“Dalam penertiban alat peraga kampanye personil Polres Sleman hanya mengamankan, tidak ikut melakukan eksekusi,” tegasnya


Dihimbau kepada pasangan calon Bupati agar tidak memasang alat peraga kampanye yang dipasang di taman, di pohon, di tiang listrik. Kalau ingin memasang APK supaya melaporkan desainnya ke KPU dan kalau memasang jangan di tempat yang dilarang dan sudah diatur dalam PKPU, Undang-undang dan SK KPU terkait zonasi.