Hadapi Pilkada 2020, Polres Sleman Gelar Latihan Pengendalian Massa

TRIBRATANEWS SLEMAN - Menghadapi pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang, pleton  Dalmas kerangka Polres Sleman meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) anggotanya dengan menggelar latihan pengendalian massa (Dalmas).

Salah satu bentuk peningkatan SDM adalah menambah porsi latihan pengendalian massa (dalmas) di halaman Mapolres Sleman, Selasa (13/9/2020) pagi

 Kegiatan latihan dalmas itu melibatkan anggota polsek jajaran atau disebut dalmas kerangka, dan anggota Sabhara Polres sebagai dalmas inti. Latihan Dalmas itu dipimpin langsung Kasat Sabhara Polres Sleman AKP M. Taufik Anwar, SH

Tujuan kegiatan tersebut sebagai kesiapan menghadapi pelaksanaan Pilkada pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

Puluhan personel dalmas kerangka dan dalmas inti melakukan latihan teknik pengendalian massa. sejumlah peralatan seperti rompi, tameng dalmas, dan tongkat. Mereka melaksanakan formasi teknik dalmas dengan kompak.

AKP M. Taufik Anwar, SH mengatakan, “Latihan itu merupakan kegiatan rutin sesuai waktu yang ditentukan dan dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan”. terangnya

Lebih lanjut AKP M. Taufik Anwar, SH menambahkan “latihan tersebut sekaligus untuk me- refresh agar anggota Sabhara agar semakin profesional dalam melaksanakan tugas-tugas di lapangan dan memiliki gambaran apa yang akan dilakukan jika menghalau massa, dan kemungkinan terburuk terjadi tidak bentrok massa,” jelasnya.

Dengan giat melakukan latihan dalmas tersebut, maka masing-masing personel kekuatan fisiknya terus terjaga dengan baik. Lebih dari itu, dengan seringnya dilaksanakan latihan, maka personel akan mudah dan siap untuk melakukan pengamanan terhadap massa yang melakukan aksi unjuk rasa.

Di tempat terpisah Kassubag Humas Iptu Edy Widaryanta mengatakan “Kita terus memperdalam teknik dalmas agar anggota di lapangan lebih mahir. Sehingga Sat Sabhara menjadi personel yang terlatih, tangguh dan bertanggung jawab dalam menjalani tugas pengamanan unjuk rasa,” terangnya.

Apalagi, pada tahun 2020 ini juga ada event Pilkada serentak yang berpotensi terjadi aksi unjuk rasa besar. “Semua ini dipersiapkan untuk menjaga keamanan, ketertiban agar wilayah hukum Polres Sleman tetap kondusif dan terpelihara,” tandasnya.