Petugas Gabungan Gelar Operasi Yustisi, 31 Pelanggar Ditindak

TRIBRATANEWS SLEMAN – Petugas gabungan Polres Sleman dan Kodim 0732 Sleman hingga Satpol PP Kabupaten Sleman menggelar operasi yustisi dalam rangka menekan penyebaran virus Corona.

Operasi yustisi ini digelar secara serentak di seluruh Kabupaten Sleman dengan sasaran pendisiplinan terhadap warga yang tidak memakai masker.

Lokasi operasi yustisi diprioritaskan di tempat kerumunan warga yang berpotensi menyebabkan munculnya klaster baru Covid-19 apabila tidak mengindahkan protokol kesehatan.

Kapolres Sleman melalui Kassubag Humas Iptu Edy Widaryanta mengatakan " operasi yustisi adalah untuk meminimalkan penularan Covid-19,” jelasnya

“ Jadi jangan kaget kalau ada Polisi, TNI dan Satpol PP melakukan razia, tujuan kita bukan untuk tujuan represif. Tujuan kita untuk menyelamatkan. Kita tidak mau ada korban lagi. Ini yang kita antisipasi," sambungnya.

Operasi yustisi penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan pencegahan Covid 19 merupakan tindak lanjut Perbup no.37 tahun 2020 yang dimulai serentak mulai tanggal 14 september 2020.

“ Yang jadi leading sector adalah Sat Pol PP, TNI Polri hanya sebagai fungsi pendukung. Tehnis pelaksanaanya dengan cara sweping secara kasat mata. Apabila menjumpai warga yang tidak memakai masker perlu diberikan sanksi berupa teguran lisan dan tindakan disiplin serta administrasi/denda,” pungkasnya