Polres Sleman Kerahkan 1.300 Personil Amankan Pilkada 2020

TRIBRATANEWS SLEMAN – Jelang Pilkada serentak 2020 Kabupaten Sleman yang rencananya akan berlangsung pada hari rabu tanggal 09 Desember 2020 mendatang, sebanyak 1.300 personil Polres Sleman diterjunkan dalam Operasi Mantab Praja Progo 2020.

Kapolres Sleman AKBP Anton Firmanto, SH., SIK., M.Si mengatakan “Polres Sleman akan mengerahkan 1300 personel untuk mengawal setiap tahapan Pilkada 2020. Untuk pengamanan ini juga akan ada tambah personsel bantuan kendali operasi (BKO) dari Polda DIY dan TNI. Sehingga dengan persiapan ini Pilkada Sleman diharapkan berlangsung aman damai dan sehat,” katanya

“Setiap tahapan Pilkada serentak 2020 akan selalu mendapat pengamanan dari Polres Sleman. Kami bersama KPU dan Bawaslu juga sudah berkoordinasi untuk peta kerawanan. Pengamanan Pilkada tetap akan mengedepankan skala prioritas, termasuk beberapa tempat yang rawan juga sudah ditetapkan pola-pola pengamannnya,” sambungnya

Kerawanan akan disesuaikan dengan indek dan TPS-TPS saat pelaksanananya. “yang jelas untuk pola-pola pengamanan sudah kita petakan, seperti berapa personel yang dibutuhkan untuk yang sangat rawan,” paparnya.

“Apalagi juga sudah ada ikrar Pilkada aman, damai dan sehat. Karena ikrar itu janji, maka harus dipenuhi dan dilaksanakan, jika tidak dilaksanakan tentunya akan menjadi hutang dan akan diminta pertanggungjawabnya,” tandasnya

Lebih lanjut Kapolres Sleman menjelaskan bahwa untuk kali ini perhelatan Pilkada Sleman sangat berbeda dengan Pilkada sebelumnya.

Saat ini Pilkada serentak dalam masa pandemi Covid 19, sehingga SOP dari KPU pasti jelas berbeda mengenai kampanye dan kumpulan masa pendukung.

Kampanye saat ini sesuai dengan peraturan KPU No. 5 Tahun 2020, maka akan dilakukan kampanye dalam ruangan. Tugas dan kewenangan kepolisian mengamankan peserta yang boleh masuk dan tidak, ketika mengikuti kampanye sesuai SOP yang dikeluarkan KPU.

Kapolres Sleman sangat berharap semua masyarakat Kabupaten Sleman agar dapat menjaga ketertiban dan keamanan, sehingga proses pesta demokrasi ini berjalan dengan lancar.

“Mari warga Sleman ayo sukseskan pesta demokrasi kita ini agar dapat terpilih pemimpin yang sesuai dengan harapan bersama,” pungkasnya