Pencanangan Desa Tirtoadi Sebagai Kampung Tangguh Nusantara

TRIBRATANEWS SLEMAN - Polres Sleman bersama Pemkab Sleman kembali mencanangkan kampung tangguh Desa Tirtoadi Mlati Sleman, Sabtu (5/9/2020) sore

Pencanangan kampung tangguh nusantara dilakukan oleh Bupati Sleman Drs. Sri Purnomo, M.Si didampingi Sekda D.I. Yogyakarta, Dir Binmas Polda D.I.Y Kombes Pol Drs. Anjar Gunadi,M.M, Kapolres Sleman AKBP Anton Firmanto, SH., SIK., M.Si, Dandim 0732 Sleman Letkol Inf. Arief Wicaksana, SH., M.Han, Camat Mlati Bapak Yekti Yudanto serta Kepala Desa Tirtoadi.

Kampung Tangguh Nusantara (KTN) Merapi Sleman Adem akronim dari Mandiri, Edukatif Ramah, Agamis, Peduli, Inspiratif, Selalu Nyaman, Aman, Damai, Elok, Makmur.

Tujuan pencanangan ini untuk membangkitkan kesadaran masyarakat dan membangun semangat kebersamaan untuk lebih waspada dalam menghadapi penyebaran Covid-19, Membangun solidaritas antar sesama warga masyarakat dimasa Pandemi, meminimalisir dampak sosial ekonomi akibat pandemi dengan cara meningkatkan kemampuan dan kemandirian masyarakat serta melakukan sosialisasi kepada warga untuk lebih produktif.

Kapolres Sleman menyampaikan, kampung tangguh ini merupakan yang ke 5 kalinya yang sudah dicanangkan di wilayah Kabupaten Sleman.

“Ini gambaran untuk kita supaya kita harus benar-benar menjaga protokol kesehatan menggunakan masker. Mencuci tangan, menjaga jarak dan tidak berkerumun dengan harapan dapat mencegah penyebaran Covid-19 yang ada di wilayah kabupaten Sleman,” jelasnya.

Program Kampung Tangguh Nusantara bertujuan untuk menciptakan kampung-kampung yang tangguh. Khususnya tangguh dalam menghadapi bencana non-alam yakni pandemi Covid-19 dengan menguatkan lima hal yakni keamanan, kesehatan, pendidikan,ekonomi, dan tangguh informasi kreatif.

Kapolres Sleman Berharap kampung tangguh nusantara Desa Tirtoadi bisa menjadi pelopor bagi masyarakat agar lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, mencegah penyebaran Covid-19 sehingga masyarakat Sleman sehat, kamtibmas kondusif dan warganya semakin produktif.

“Semoga dapat meningkatkan partisipasi dan ketangguhan masyarakat khususnya di Desa Tirtoadi dalam mengelola resiko bencana lokal serta dapat lebih meningkatkan kedisiplinan warga dalam mematuhi protokol kesehatan sebagai langkah penanggulangan wabah Covid-19.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda D.I Yogyakarta, Bupati Sleman, Kapolres Sleman dan Dandim Sleman menanam pohon dan menabur benih ikan di embung senja Tirtoadi.