Polres Sleman Ringkus Komplotan Pencuri Kabel yang Berpura-pura Jadi Pegawai PT Telkom

TRIBRATANEWS SLEMAN – Sat Reskrim Polres Sleman berhasil mengungkap kasus pencurian kabel telphone milik PT. TELKOM yang terjadi Dusun Margorejo Tempel Sleman, Selasa (30/6/2020)

Kapolres Sleman AKBP Anton Firmanto, SH., SIK., M.Si menjelaskan Sat Reskrim Polres Sleman menangkap komplotan pelaku selang satu jam setelah pelaku melakukan aksinya.

Saat beraksi para pelaku ini berpura-pura sebagai pegawai PT Telkom lengkap dengan seragam bertuliskan Indihome.

“Modus pelaku melakukan aksinya dengan memakai baju identitas Telkom untuk mengelabui warga supaya meyakinkan saat sedang melakukan pencurian” jelas Kapolres Sleman

Pengungkapan berhasil diungkap berkat laporan dari warga yang merasa curiga karena ada aktivitas pemotongan kabel yang pelaku kemudian melaporkan hal tersebut ke PT Telkom dan ternyata setelah dilakukan pengecekan, PT Telkom tidak pernah mengeluarkan surat tugas pemotongan kabel tersebut. PT Telkom kemudian melaporkan ke Polres Sleman.

Ke 5 pelaku yang berhasil diamankan dengan inisial : AJB (49) tahun, PB (28) tahun, CC (27) tahun, S (27) tahun dan MNQ (19) tahun.

Dari hasil interogasi, ternyata tersangka AJB adalah mantan pegawai PT Telkom yang telah keluar pada 2019 lalu.

"Salah satu tersangka pernah bekerja di Telkom, tapi sudah keluar. Jadi ketika sudah tidak kerja, dia praktikan bersama kelompoknya," lanjut Kapolres Sleman

General Manajer Witel Yogyakarta Ibu Fera Febrayanti menyampaikan terimakasih kepada jajaran Polres Sleman yang telah menangkap pelaku dengan cepat karena pihak PT. Telkom mengalami kerugaian kabel sepanjang 1KM senilai ratusan juta rupiah.

Untuk mempertanggungjawabkan atas perbuatannya, ke lima tersangka kini mendekam di sel tahanan Mapolres Sleman dan dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman pidana paling lama 7 tahun.