Peduli Lingkungan, Polres Sleman Tanam Ratusan Bibit Pohon Penghijauan

TRIBRATANEWS SLEMAN - Puluhan batang bohon ditanam di sekitar area kantor dan asrama Polres Sleman, penanaman pohon sebagai langkah mencegah polusi udara serta kepedulian Polri dalam penghijauan di lingkungan sekitar, Sabtu (4/1/2020) pagi.

Menurut Kapolres Sleman AKBP Rizky Ferdiansyah, SH., SIK penanaman pohon ini sesuai dengan instruksi dan program Kapolri yang baru bahwa Polres maupun Polsek diperintahkan untuk melaksanakan penghijauan dengan tema “Polri Peduli Penghijauan”.

"Untuk hari ini kita menanam pohon lebih kurang 280 bibit pohon di sekitar Mapolres Sleman dan asrama," ungkap Kapolres Sleman

Lanjutnya, adapun jenis pohon yang ditanam adalah jenis tanaman buah seperti pohon mangga, pohon sirsak, pohon kelengkeng, pohon jambu, pohon duren dan sawo.

Atas penanaman pohon buah itu, kedepannya dapat menghijaukan lingkungan, udara menjadi sejuk dan buahnya juga bisa dimanfaatkan anak cucu kita.

“tujuan penanaman pohon yakni untuk mencegah banjir, tanah longsor juga mengurangi dampak polusi udara, sebagai sumber oksigen, menyimpan air dalam tanah, mengurangi dampak pemanasan global, juga melestarikan sumber daya air.” terang Kapolres Sleman

"harapannya dengan penanaman ini mudah-mudahan bisa tumbuh subur dan memberi manfaat positif serta bisa berbuah dengan baik dan bisa manfaatan ke anak cucu kita termasuk juga memperbaiki lingkungan kita di wilayah Sleman sehingga udara yang tetap sejuk," harapnya.

Ditambahkannya, tahun ini di Kabupaten Sleman belum ada laporan banjir dan tanah longsor, "jika telah besar nanti, tentunya pohon termasuk dalam penanggulangan banjir, walaupun memang saat ini belum ada laporan banjir, setidaknya kita telah mencegah sejak dini," tandasnya

Lebih lanjut Kapolres Sleman mengatakan, kegiatan ini disiarkan secara langsung melalui Instagram Polres maupun Polsek sedangkan untuk perawatan menjadi tanggung jawab anggota yang telah ditentukan. (hRy)