Wujudkan Birokrasi Bersih, Aiptu Eko Yulianto Sosialisasikan Saber Pungli

TRIBRATANEWS SLEMAN - Guna mencegah dan meminimalisir praktek pungutan liar (pungli) di masyarakat, Bhabinkamtibmas Kalurahan Nogotirto Gamping Sleman Aiptu Eko Yulianto melakukan sosialisasi Perpres 87 tahun 2016 tentang Satgas Saber Pungli terhadap warganya di Dusun Kwarasan Nogotirto Gamping Sleman.

Sembari melaksanakan patroli sambang, Aiptu Eko Yulianto berdialog serta menyampaikan imbauan untuk bersama-sama menolak segala bentuk pungli kepada siapapun.

Aiptu Eko Yulianto mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi tentang saber pungli ini merupakan kegiatan yang diinstruksikan dari pimpinan Polri hingga ke level bawah untuk menyampaikan dan menginformasikan kepada masyarakat tentang tugas, peran dan manfaat saber pungli yang dibentuk.

"Ini merupakan kegiatan untuk memerangi keberadaan para pelaku pungutan liar di wilayah hukum Sleman," ujar Aiptu Eko Yulianto.

Program sosialisasi saber pungli merupakan prioritas dari Pemerintahan dan Mabes Polri guna memberantas praktek pungli, sehingga saat ini sudah terbentuk Satgas Saber (sapu bersih) Pungli di setiap Daerah termasuk di wilayah Kapanewon Gamping Sleman.

"Masyarakat juga agar ikut berperan dalam memberantas hal tersebut dengan cara melaporkan apabila mengetahui terjadinya pungli, penyalahgunaan dana karena pemberi maupun penerima sama-sama melanggar hukum," lanjutnya

Ia berharap dengan kegiatan sosialisasi saber pungli, pengetahuan masyarakat tentang saber pungli semakin baik sehingga mencegah dan mengurangi tindakan tindakan dengan kategori pungli yang meresahkan masyarakat.

"Dengan dilaksanakan sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak terjerat hukum dan berperan dalam pemberantasan pungli," tambahnya

"Mari kita dukung program ini demi mewujudkan sistem birokrasi serta pelayanan publik yang bersih, jujur dan transparan, dengan cara melaporkan apabila menjadi korban serta tidak menjadi pelaku pungli," pungkasnya.