Cegah Kenakalan Remaja, Polsek Tempel Imbau Pelajar yang Kedapatan Nongkrong Saat Jam Pulang Sekolah

TRIBRATANEWS SLEMAN - Guna mencegah kenakalan remaja, Polsek Tempel Sleman melaksanakan patroli rutin dengan sasaran di tempat-tempat yang sering buat nongkrong anak sekolah.

Beberapa lokasi yang menjadi sasaran patroli dalam antisipasi kenakalan remaja diantaranya warung yang dipakai nongkrong pelajar yang masih berkeliaran saat jam pelajaran maupun yang baru pulang sekolah.

Kanit Binmas Polsek Tempel AKP Sri Nurdiah mengatakan, kami menghimbau mereka untuk segera pulang ke rumah masing masing.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kenakalan remaja. Lebih lanjut AKP Sri Nurdiah  mengajak kepada para orang tua peduli dan mengawasi secara ketat pergaulan anaknya supaya tidak terjerumus dalam pergaulan bebas, jangan sampai ikut-ikutan, karena mereka yang terlibat kenakalan remaja biasanya diawali salah pergaulan yang berujung pada tindak kejahatan.

Menurutnya, "sebagai orang tua kita harus peduli pada tumbuh kembang anak, permasalahan kenakalan remaja merupakan tanggung jawan kita semua, mari bersama-sama melakukan upaya pencegahan dimulai dari lingkungan keluarga," jelasnya

"Apalagi lagi yang sedang trend dan populer akhir-akhir ini adalah masalah kejahatan jalanan di mana pelaku adalah sekelompok remaja usia sekolah," sambungnya

Untuk itu peran orang tua adalah yang paling utama dalam membentuk karakter anak dengan melakukan pengawasan terkait apa yang dilakukan oleh anak-anaknya di luar rumah dan perubahan sikap serta perilakunya.

"Orang tua harus peka terhadap perkembangan mental dan budi pekerti/perilaku anak-anaknya dan orang tua bisa menjadi contoh yang baik, agar anak tidak terjerumus dalam perbuatan yang tidak terpuji dan melawan hukum," lanjutnya

Hal yang tidak kalah penting dan sudah sangat mengkhawatirkan di zaman sekarang adalah peredaran narkoba dan miras, pasalnya penyalahgunaan narkoba bukan hanya merambah di pelajar perkotaan saja, namun sudah masuk ke pedesaan.

“Narkoba telah menyerang segala usia, tidak terkecuali usia pelajar sekolah dasar. Oleh karena itu, langkah pencegahan di usia dini mutlak harus dilakukan,” bebernya

"Tujuan utama kami jelas yakni untuk menyelamatkan generasi muda penerus bangsa agar tidak terjerumus dalam tindak pidana dan penyalahgunaan narkoba,” tutupnya.