Tingkatkan Kemampuan Satpam, Polsek Mlati Latih PBB dan Tata Cara Pengaturan Lalu Lintas

TRIBRATANEWS SLEMAN – Sebanyak 30 orang Satpam RSUP Sardjito mendapatkan pembinaan dari Kepolisian Sektor Mlati, Sabtu (19/6/2021) siang


Pembinaan dan latihan dipimpin oleh Kanit Bimas Polsek Mlati AKP Surata dengan maksud untuk memberikan pengetahuan dasar peraturan baris berbaris (PBB) dan tata cara pengaturan lalu lintas yang benar.


Selain memberikan pelatihan, AKP Surata juga menjelaskan tentang SOP dan tata pelaksaan tugas pokok anggota satpam dilapangan beserta fungsinya.


Ditempat terpisah Kasubbag Humas Polres Sleman Iptu Edy Widaryanta menjelaskan, sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang RI Nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, salah satu tugas Polri adalah membina masyarakat untuk meningkatkan partisipasi kesadaran hukum serta ketaatan warga masyarakat terhadap hukum dan perundang-undang.


"Polri dalam pelaksanaan tugasnya selaku pengemban Harkamtibmas dibantu oleh bentuk-bentuk pengamanan swakarsa lainnya seperti satpam," jelasnya


"Agar personil satpam memiliki kemampuan dasar yang cukup, maka perlu dilakukan pelatihan yang berkelanjutan salah satunya melalui pelatihan dasar peraturan baris berbaris (PBB) dan tata cara pengaturan lalu lintas.


Lebih lanjut Kasubbag Humas berharap, dengan latihan yang telah diberikan dapat menunjang kinerja khususnya dalam melaksanakan tugas pengamanan dilingkungan kerjanya.


"Semoga dengan pelatihan ini dapat menumbuhkan sikap jasmani yang tegap tangkas dan kedisiplinan, sehingga dengan demikian senantiasa dapat mengutamakan kepentingan tugas dari pada kepentingan individu dan secara tidak langsung juga menanamkan rasa tanggung jawab atas tugas dan pekerjaan tersebut," pungkasnya