Bhabinkamtibmas Widodomartani Ngemplak Dampingi Tracing Contact Covid-19

TRIBRATANEWS SLEMAN - Tracing contact menjadi hal wajib bagi Satgas Penanggulangan Covid-19 dalam hal memutus mata rantai penularan covid-19.


Guna mendukung penanggulangan Covid-19, Bhabinkamtibmas Desa Widodomartani bersama pihak terkait mendampingi tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 desa setempat saat melacak kontak erat atau tracing contact dari warga yang terkonfirmasi positif Covid-19.


Hal ini lantaran peran penting Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak untuk melacak daftar nama yang pernah menjalin kontak erat dengan warga yang terkonfirmasi positif covid-19.


Pendampingan ini dilakukan lantaran tidak semua warga mau menjalani tes swab atau rapid antigen guna memastikan ia terkonfirmasi positif covid-19 atau tidak. Oleh sebab itu, tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 merasa perlu untuk melibatkan aparat Bhabinkamtibmas dan Babinsa dalam kegiatan tracing contact.


Ditampat terpisah Kasubbag Humas Polres Sleman Iptu Edy Widaryanta saat dikonfirmasi mengatakan, "Tidak semua warga mau menerima kenyataan telah menjalin kontak erat dengan warga yang terkonfirmasi positif corona," jelasnya


"Sebagian dari mereka bahkan menolak untuk dites swab atau rapid antigen, walaupun persentase yang menolak menjalani swab atau rapid antigen sedikit," imbuhnya


"Akan tetapi, setelah diberi edukasi warga akhirnya mau mengikuti swab atau rapid antigen," pungkasnya