Penilaian Kampung Tertib Lalu Lintas Dusun Pendulan

TRIBRATANEWS SLEMAN - Tim penilai Direktorat Lalu Lintas Polda DIY melakukan penilaian Kampung Tertib Lalu Lintas di Dusun Pendulan Sumberagung Moyudan Sleman.


Mengangakat tema “Kampung” dimana kegiatan lomba ini ditujukan langsung untuk kawasan kampung lantaran tertib lalu lintas itu diawali dari Pranata sosial paling rendah yakni dari kampung atau desa.


Tim Direktorat Lalu Lintas Polda DIY melaksanakan Penilaian dan pemeriksaan sarana dan prasarana yang ada di lokasi serta mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya program Kampung Tertib Lalu Lintas sehingga bisa menjadi sarana untuk menanamkan disiplin berlalu lintas sejak dini dari anak-anak hingga dewasa khususnya terutama kepada warga Dusun Pendulan.


Ketua tim penilai Kompol Yuni menyampaikan “Jadi lomba ini dilaksanakan karena kami ingin melihat kesadaran masyarakat akan tertib berlalu lintas itu semakin baik, dan itu harus dimulai kampung, misalkan pengendara diwajibkan memakai helm saat berkendara dan juga mematuhi rambu rambu lalu lintas yang sudah ada," katanya


Lebih lanjut beliau menambahkan, "Jadi dengan adanya lomba ini dan hadirnya Polri ditengah tengah masyarakat akan menunjukan sinergitas antara keduanya agar lebih akrab lagi, sehingga keinginan masyarakat untuk maju, tertib dan menjaga keselamatan itu sudah ada dan tertanam pada diri mereka," jelasnya.


Adapun untuk penilaian lomba kampung Tertib Lalulintas memiliki indikator diantaranya, bagaimana tingkat partisipasi masyarakat itu sendiri terhadap kampungnya, insfratrukturnya, bagaimana tingkat ketertibannya.


Kompol Yuni berharap lomba ini akan ”Dengan adanya Kampung Tertib Lalu Lintas ini diharapkan memberikan hal positif dalam tertib berlalu lintas, sehingga suatu saat nanti akan menjadi sebuah budaya, karena tertib berlalu lintas merupakan bagian kehidupan kita agar terhindar dari kecelakaan.


Selain tertib dalam berlalu lintas diharapkan masyarakat patuh Protokol kesehatan Pencegahan Covid-19 setiap beraktfitas di luar rumah.